Siaran Pers

Pesona Mart, Jendela Pemasaran Produk Perhutanan Sosial

4 Februari 2019 , dibaca 1788 kali.

Nomor: SP. 045/HUMAS/PP/HMS.3/02/2019

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin, 4 Februari 2019. Usaha di bidang Perhutanan Sosial semakin berkembang. Dengan menerapkan azas kelestarian hutan dan azas ekonomi beberapa Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) telah mampu menghasilkan produk-produk komoditi hasil hutan yang layak untuk dipasarkan. KLHK mendorong hadirnya Pesona Mart sebagai jendela mengenalkan sekaligus memasarkan produk-produk tersebut kepada khalayak umum.

Khusus untuk produk-produk komoditi hasil hutan bukan kayu, hingga saat ini kurang lebih ada 61 jenis produk yang telah mampu diproduksi oleh KUPS. Diantaranya adalah Minyak Sari Buah Merah, Minyak Oles Gaharu, Jus Pala, Bio Spray Gaharu, Minyak Kayu Putih, Madu Mangrove, Madu Kars, Madu Kelulut, Dompet Bordir Aceh, Kain Tenun Badui dan Kopi Codot. Selain itu masih banyak lagi produk-produk komoditi hasil hutan bukan kayu lainnya.

Pada kesempatan terpisah Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL), Bambang Supriyanto menyatakan bahwa KLHK sedang melakukan upaya pengembangan usaha di bidang Perhutanan Sosial khususnya hasil hutan bukan kayu sebagai bentuk kongkrit memajukan kesejahteraan masyarakat dari pemanfaatan hutan.